Mengapa orang melakukan massage??

Massage atau orang biasa menyebutnya pijat, sekarang ini menjadi kebutuhan. Dengan alasan untuk menghilangkan kelelahan, untuk merilekskan diri, dan untuk merawat diri. Kebutuhan akan massage tidak terbatasi oleh usia, baik itu orang tua, anak-anak bahkan bayi pun sekarang banyak yang membutuhkan. Seni dalam massage sekarang ini banyak berkembang di masyarakat, baik dari berbagai macam massage tradisional yang dikemas dengan sebutan spa, refleksi, shiatsu, thai massage dan sebagainya. Yang mana dari berbagai macam seni pijat itu bertujuan untuk untuk memperlancar kembali peredaran darah dalam tubuh.

Setelah kita melakukan aktivitas kita merasa terbebani dengan munculnya rasa lelah, yang menjadi bentuk dari kompensasi sisa pembakaran dalam tubuh yang tidak bisa terangkut sempurna kembali ke arah jantung. Salah satunya adalah asam laktat yang tetimbun dipermukaan otot, hal ini menyebabkan aliran oksigen dalam darah tidak bisa tersampaikan dengan sempurna pada ujung-ujung syaraf yang melalui perototan. Penumpukan asam laktat yang berlebih ini akan memberikan sinyal ke tubuh sehingga muncul rasa lelah.

Cara menghilangkan kelelahan salah satunya adalah dengan melakukan massage. Manipulasi-manipulasi dalam massage akan memberikan rangsang ke tubuh untuk menghancurka asam laktat tersebut. Dengan adanya manipulasi pembuluh-pembuluh darah akan membuka atau melebar (vasodilatasi) dengan anggapan, bahwa ketika pembuluh darah mengalami vasodilatasi asam laktat yang hancur akibat treatment massage tadi bisa terdorong lebih cepat kearah jantung untuk kembali di proses, dan setelah keluar dari jantung akan banyak mengandung oksigen untuk dialirkan lagi keseluruh tubuh. Selain merangsang peredaran darah juga akan memacu munculnya hormon endorfin yang mempunyai sifat menenangkan. Biasanya setelah orang melakukan massage akan merasakan keadaan mengantuk atau bahkan lapar sebagai bentuk dari lancarnya peredaran darah. Jadi dengan massage bisa mengembalikan lagi kondisi seseorang untuk siap melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelehan yang berarti.

One response to “Mengapa orang melakukan massage??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s