Pendekatan bentuk bermaain dalam meningkatkan gerak dasar tolak peluru

Salah satu tujuan pendidikan jasmani di Sekolah adalah peningkatan kebugaran jasmani bagi peserta didik serta peningkatan kemampuan gerak dasar yang dimiliki oleh siswa. Kemampuan ketrampilan gerak dasar, merupakan kemampuan yang penting di dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pendidikan jasmani. Salah satu pemberian program pendidikan jasmani kepada peserta didik adalah agar pelajar menjadi terampil dalam melakukan semua kegiatan aktivitas fisik.

Sekolah Dasar (SD) sebagai lembaga pendidikan dasar berusaha untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, sedangkan tujuan pendidikan nasional dapat dilihat pada Bab II Pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 yang dikutip Sukintaka (1992: bahwa “pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya”. Lembaga pendidikan dasar ini bertujuan memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat dan makhluk Tuhan, serta mempersiapkannya untuk memasuki dunia pendidikan selanjutnya. Melalui aktivitas jasmani baik aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah dapat membantu perkembangan fisik peserta didik sehingga proses pendidikan dapat berjalan lancar. Maka hal ini perlu ditanamkan kepada siswa semenjak SD, agar ia sadar bahwa pentingnya menguasai kemampuan gerak dasar berguna dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan yang ada adalah bahwa siswa belum mengetahui akan kemampuan gerak dasar mereka dalam meningkatkan kemampuan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani khususnya untuk nomor tolak peluru, sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan gerak dasarnya melalui metode bermain dalam atletik.

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani Guru memegang peranan penting, yaitu Guru harus bertugas dan bertanggung jawab dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah, seperti apakah metode yang digunakan sehingga sesuai dengan peserta didik atau tidak dalam mengajar. Karena pada kenyataannya guru dalam mengajar, kebanyakan menggunakan metode yang kurang sesuai dengan karakteristik anak dan pembelajaran langsung ke dalam materi mata pelajaran. Hal ini yang menyebabkan anak kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran atletik nomor tolak peluru dan cenderung membosankan.

Dalam perkembangan dunia pendidikan jasmani siswa juga memiliki dunia yang sejalan dengan pendidikan jasmani tersebut yaitu berupa aktivitas bermain yang setiap saat sering dilakukan, sehingga dapat dijabarkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di lingkungan sekolah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru bagi siswa, diperlukan kemasan baru dalam bentuk bermain.

Bermain adalah suatu hal yang menyenangkan, karakteristik anak yang suka bermain akan selalu mendukung jalannya proses belajar mengajar. Apabila sarana dan prasarana dalam pembelajaran kurang lengkap, maka seorang guru dalam upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru dituntut untuk selalu berkembang sesuai dengan pertumbuhan anak didik di masa sekarang. Sehingga guru harus mampu mengatasi masalah kurangnya sarana dan prasarana yaitu dengan metode pendekatan bermain. Dengan metode bermain, anak akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, dan gerak dasar yang dimiliki siswa dapat ditingkatkan.

Pembelajaran pendidikan jasmani dengan metode atau pendekatan bermain digunakan  dikarenakan di masa atau era perkembangan sekarang ini pendidikan jasmani tidak difokuskan pada prestasi saja. Tetapi peningkatan kebugaran jasmani, rohani serta interaksi sosialnya. Jadi dengan pendekatan bermain diharapkan siswa akan senang dan penuh kesadaran dalam melaksanakan pelajaran jasmani yang diberikan tanpa meninggalkan konsep materi yang diajarkan di Sekolah yaitu berupa materi atletik nomor tolak peluru khususnya dan materi pendidikan jasmani umumnya.

Adapun model-model bermain dalam pembelajaran atltetik, khususnya nomor tolak peluru salah satunya adalah dengan cara menolakkan bola, lempar tangkap bola berpasangan. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk memberikan kemampuan menerka tingkat ketrampilan yang dimilikinya. Dengan harapan siswa dapat tertarik dan mencobanya, sehingga kemampuan dasar tolak peluru akan dapat meningkat, yaitu menggunakan pendekatan bermain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s