FUNGSI BERMAIN

Penguasaan keterampilan gerak dasar dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain. Dengan bermain orang dapat mengaktualisasikan potensi aktivitas manusia dalam bentuk gerak, sikap dan perilaku. Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa dengan bermain kita dapat meningkatkan kualitas anak sesuai dengan aspek pribadi manusia.

Dengan bermain dapat membantu pencapaian tujuan pendidikan yang mencakup  sasaran jasmani yaitu  sebagai berikut :

a)      Pertumbuhan dan perkembangkan anak

Aktivitas bermain pada anak banyak dilakukan dengan aktivitas jasmani. Aktivitas jasmani sangat penting untuk pertumbuhan anak. Dengan bergerak, secara tidak disadari anak-anak telah berlatih dan hal ini tentunya akan meningkatkan dasar gerak mereka. Dasar gerak menjadi lebih baik karena kekuatan otot, kelenturan, daya tahan otot setempat dan daya tahan kordiovaskuler menjadi lebih baik. Selain peningkatan dasar gerak, otot-otot anak juga semakin bertambah panjang dan besar. Dengan pertumbuhan yang terjadi pada anak di atas berarti makin baik pula fungsi organ tubuh anak, sehingga dapat dikatakan bahwa dari pertumbuhan akan terjadi penahapan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

b)      Kemampuan gerak

Kemampuan gerak merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan, baik gerakan untuk keperluan sehari-hari maupun gerak yang mendasari gerak berolah raga. Kemampuan gerak ini didasari oleh dasar gerak yang baik. Melalui aktivitas bermain, gerak dasar anak akan berkembang, kemudian diikuti dengan adanya perkembangan kemampuan gerak anak.

c)      Kesegaran jasmani

Kesegaran jasmani merupakan kemampuan melaksanakan tugas sehari-hari dengan baik dan kuat, tanpa kelelahan yang berarti, dan dengan energi yang besar mendapatkan kesenangan dalam menggunakan waktu luang, dan dapat dibatasi bila menjumpai keadaan darurat yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu lama akan menyebabkan berkembangnya kesegaran jasmani.

d)     Kesehatan

Bermain tidak membuat anak menjadi sakit tetapi sebaliknya anak akan menjadi lebih baik. Kegiatan jasmani melalui aktivitas bermain yang dilakukan anak dengan rasa senang ini menjadikan anak lebih tahan terhadap penyakit.

e)      Sasaran psikis

Anak yang terlibat dalam aktivitas bermain akan berkembang kemampuan psikisnya. Beberapa hal yang berkembang diantaranya yaitu: (1). Kemampuan berbahasa dan seni. Dalam bermain, anak akan masuk ke dalam situasi yang mengharuskan akan berkomunikasi dengan anak lain. Alat komunikasi yang banyak digunakan adalah bahasa, karena di dalam bermain anak diharuskan berdialog. Seringnya menggunakan bahasa akan menyebabkan kemampuan bahasa anak lebih berkembang, (2). Peningkatan kemampuan akademik. Gerak dan bermain merupakan pengantar yang memacu dan memotivasi dan mendorong serta menyelesaikan masalah belajar secara luas. Karena di dalam aktivitas jasmani anak belajar lewat gerakan dan hal ini mengakibatkan anak berfikir dan mengetahui terhadap apa dan bagaimana.,(3). Budi pekerti. Melalui bermain anak akan terbiasa mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan, menghormati teman, maupun lawan bermain, dan dituntut untuk bermain dengan jujur dan baik, serta menghormati prinsip kesetiaan berolah raga. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bermain dapat ikut membentuk budi pekerti anak.

f)       Rasa sosial

Dengan bermain dengan anak lain, anak dapat belajar bagaimana menetapkan hubungan sosial dan bagaimana menemukan dan menyelesaikan masalah hubungan sosial. Selain itu dalam bermain anak membutuhkan orang lain untuk dapat menilai orang lain, serta dirinya sendiri, akhirnya mereka akan menyadari bahwa mereka membutuhkan orang lain.

g)      Sasaran rasa berketuhanan

Melalui bermain anak memperoleh suasana religius, dalam arti mengagungkan Tuhan, guna menunjang hidup moral atua kesusilaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s