Menggeliat yang produktif

Menggeliat adalah kebutuhan tubuh yang sering diabaikan, atau mungkin justru dianggap hal yang kurang baik terutama bila dilakukan di depan orang banyak. Mengapa tubuh membutuhkannya? dalam suasana bekerja, belajar atau aktivitas apa saj yang dilakukan dengan duduk dan berkonsentrasi, otot-otot besar di tengkuk, punggung, lengan dan tungkai akan mengalami kekenduran karena jarang dipakai. Saat itu pasokan darah terutama yang diarahkan ke otak untuk terus dapat berkonsentrasi juga berkurang. Otot-otot besar mengalami penumpukan, sementara sisa metabolisme sering menimbulkan rasa letih, pegal-pegal sampai nyeri.

Apabila kita menggeliat, maka terjadilah kontraksi otot keseluruhan otot besar bersama-sama, hal ini berfungsi seolah-olah memeras dan memompa darah kembali ke jantung dan bertukar dengan darah bersih. Setelah itu tubuh akan terasa lebih segar kembali.  Sering kali kita menggeliat sambil mengeluarkan udara nafas banyak-banyak, bahkan dengan mengeluarkan suara -suara khas orang menggeliat. Hal ini dilakukan supaya udara segera tertukar dengan udara baru yang lebih banyak mengandung oksigen.

Menngeliat yang efektif dilakukan dengan gerakan menyebrang garis tengah dan merotasi tubuh 9gerakan memutar) pada tulang belakang. yang dimaksud menyeberang garis tengah adalah anggota tubuh kanan menyeberang ke kiri. Sedangkan anggota yang kiri menyeberang ke kanan. Lebih baik lagi kalau dilakukan di luar ruangan, di bawah pohon yang rindang dengan udara yang bersih, pandaangan mata diarahkan ke benda-benda yang jauh. Hal ini bisa membantu mengaktifkan tiga dimensi otak.

One response to “Menggeliat yang produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s