BAKING SODA, CUKA DAN CENGKEH PEMBERSIH SEDERHANA

Baking Soda

Bikarbonat soda atau baking soda adalah campuran garam dan basa. Jika dicampur lagi dengan asam, akan menghasilkan karbondioksida dan gelembung busa yang efektif menghilangkan minyak dan noda. Bikarbonat soda dapat menjadi pembersih yang ampuh untuk bagian luar oven. Campurkan dengan sedikit air, dan ovenmu pun mengkilap sekejap. Kamu juga bisa menggunakan bikarbonat soda yang dicampur garam, untuk membersihkan noda tumpahan teh atau kopi pada kain kursi.

Minyak Cengkih

Dihasilkan dari pucuk bunga cengkih kering, minyak ini umumnya bisa didapatkan di toko obat atau bahan kimia. Minyak cengkih berguna mencegah jamur. Untuk membersihkan jamur pada langit-langit kamar, kamu bisa mencampur beberapa tetes minyak cengkih dengan air hangat dalam botol, lalu menyemprotkannya ke bagian yang berjamur. Selain menghilangkan jamur, larutan ini juga efektif mencegah timbulnya jamur baru.

Minyak Kayu Putih

Semua pasti sudah tahu khasiat minyak kayu putih untuk mengatasi flu dan masuk angin. Namun, ternyata minyak ini juga bermanfaat sebagai disinfektan atau pembunuh kuman pada perabot atau perlengkapan rumah. Campuran minyak kayu putih dalam ember air pel kamu akan menjadikannya pembersih lantai alami, dan mampu mengurangi tungau jika dicampurkan dalam air cucian sprei atau selimut. Minyak ini juga berguna membersihkan kuman yang menempel pada bagian dalam kloset.

Cuka

Cairan ini memiliki sifat sedikit asam, dan berfungsi sebagai pembersih yang baik karena mampu mengangkat noda minyak serta membunuh bakteri. Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan kotoran pada jendela, dengan menyemprotkannya langsung atau mencampurnya dengan air hangat, lalu melapnya dengan kain. Campuran cuka dan bikarbonat soda juga dapat menjadi pembersih yang aman untuk dapur dan peralatannya, kecuali perabot yang berbahan marmer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s