KEROKAN SEBAGAI TEKNIK MASSAGE

Kerokan memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Metode penyembuhan dengan cara menggosokan alat atau koin sebagai media ke tubuh ini memang dianggap jitu untuk mengusir masuk angin. Treatment ini sama dengan  teknik efflurage dalam massage yang juga berarti menggosok. Mengenai kerokan,  warna merah yang muncul pada kulit setelah kerokan adalah pertanda kalau Anda memang masuk angin. Secara medis warna merah akibat kerokan pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di permukaan kulit pecah hingga terlihat sebagai jejak merah.

Perasaan lebih baik pada penderita setelah dikerok diperoleh karena otot menjadi lemas, dan pembuluh darah halus di dalamnya melebar  atau mengalami vasodilatasi sehingga lebih banyak oksigen dan nutrisi yang terserap jaringan otot.
Selain itu, toksin yang menyebabkan pegal dapat segera dibawa aliran darah untuk dibuang atau dinetralkan kembali bersamaan dengan kembalinya aliran darah ke jantung. Toksin ini banyak mengandung karbon dioksida sebagai hasil sisa-sisa metabolik tubuh. Setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh vena ini membawa darah yang kaya oksigen dan tubuh akan menjadi segar kembali.

Keadaan rileks dan segar setelah kerokan akan lebih baik jika kita pertahankan dengan menghindari udara dingin atau kita bisa minum air hangat dan istirahat yang cukup, untuk membantu menjaga  kondisi tubuh.

Yang menjadi catatan disini bahwa koin yang digunakan harus halus agar tidak melukai tubuh. Selain itu memerlukan sanitasi dengan mencucinya dengan alcohol atau disinfektan untuk membersihkan koin. Atau janganlah bergantian menggunakan koin, karena bisa  menjadi perantara penularan penyakit. Selanjutnya gunakanlah minyak sebagai pelicin. Dalam kondisi tertentu, kerokan  tidak dianjurkan bagi orang yang menderita hipertensi. Dengan alasan terjadinya vasodilatasi yang akan berakibat pada pecahnya pembuluh darah pada otak karena adanya tekanan  darah yang kuat.

Apabila gejala-gejala dalam kondisi masuk angin ini tak kunjung berkurang, segeralah  mengambil langkah medis untuk tindakan lanjutan.

2 responses to “KEROKAN SEBAGAI TEKNIK MASSAGE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s